Just another WordPress.com site

AA Gym

 

 

 

11 April 2003

Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhid
Gegerkalong Bandung

Kali ini kita akan menyoroti AA Gym sebagai seorang entrepreneur.Aa Gym dilahirkan di sebah keluarga sederhana yang religius dan disiplin. Baginya, guru pertamanya adalah adiknya sendiri, Agung Gunmartin yang mengalami kelumpuhan total namun tetap tabah untuk terus kuliah dan tak pernah mengeluh, bahkan dia sendiri yang menggendong adiknya tersebut untuk berkuliah.
Masa remajanya, selain untuk sekolah juga dihabiskan untuk berorganisasi, dan berdagang, mulai dari berdagang minyak wangi, membuat dan menjual stiker islami.
Aa Gym sempat berkuliah di PAAP Unpad selama setahun dan teknik elektro Unjani hingga sarjana muda. Sejak kecil Aa Gym senang sekali berjualan, ketika kuliah berbisnis sablon hingga harus drop out dari PAAP Unpad. Di pagi hari ia berjualan roti sambil bersepeda, siang harinya memberikan les pada anak-anak SMA, dan sorenya membantu membungkusi kacang. Jika ada even wisuda, dia berjualan baterai dan film. Pernah juga ngamen berkeliling ke rumah-rumah.
Hasil dari semua itu dia tabung untuk membeli angkotmkadang ia sendiri yang menjadi sopirnya.
Pada tahun 1990, dia mempelopori pendirian masjid Pesantren Daarut Tauhid, dan sejak saat itu pamor DT mulai meroket. Pesantren DT juga mengembangkan aspek ekonomi dengan mengembangkan sejumlah usaha di bawah paying sebuah koperasi induk, unit-unit usaha itu antara lain minimarket, BMT, penerbitan, sanggar busana Muslimah, wartel, kerajinan tangan, percetakan, stasiun radio dan rekaman. Pesantren DT juga memiliki sebuah tabloid bernama MQ (Manajemen Qolbu).
Aa Gym saat ini juga mengisi acara di RCTI setiap jumat pagi, SCTV juga menyiarkan ceramahnya setiap sebulan sekali di Istiqlal, TVRI pun tidak mau kalah dengan menayangkan secara langsung pengajiannya langsung dari Masjid Daarut Tauhid. Buku,kaset dan VCD rekaman ceramahnya juga banyak digemari, untuk mengelolanya, dia mendirikan PT Mutiara Qolbun Salim yang menggunakan Information Marketing System dalam pemasarannya. Saat ini DT juga sedang berencana merambah bidang pertelevisian melalui production housenya dan tengah membuat film animasi yang mengandung nilai kemuliaan, dengan semua bisnisnya tersebut, DT kini memiliki omset miliaran rupiah.
Kesuksesannya di bidang bisnis inilah yang menjadi salah satu factor kesuksesan Aa Gym dalam berdakwah, dia tidak hanya berbicara namun juga memberi keteladanan.
Konsep MQ (Manajemen Qalbu) yang digagas olehnya digemari banyak orang dari segala lapisan, mulai dari anak-anak, ibu rumah tangga, remaja, kaum tua bahkan para ekskutif perusahaan. Seringkali Aa Gym diundang ke berbagai kota di Indonesia, bahkan untuk berceramah di Jepang, Australia, Singapura sudah menjadi hal biasa baginya.
Seperti dikuitip dari Tabloid Nova, Aa Gym melakukan bisnis ini karena :
” Pertama, saya tidak mungkin berdakwah dengan baik tentang wirausaha kalau saya tidak menjalaninya. Jadi ini merupakan usaha bagaimana memberi bobot pada dakwah saya sendiri.

Kedua, saya butuh finansial yang kuat untuk menunjang dakwah yang membutuhkan banyak sekali dana. Dengan usaha-usaha itu saya tidak membebani umat.
Ketiga, saya harus membuka lahan kerja baru bagi teman-teman yang sibuk dakwah dan kurang penghasilannya. Dan kalau perusahaan saya pribadi, kan, akan lebih mudah memberikan kontribusi pada mereka.
Keempat, memberi harga diri, kehormatan pesantren dan aktivisnya bahwa kita tidak menjadi beban. Insya Allah kita meringankan beban.

Catatan Aa Gigih…_ PROFIL AA GYM.mht

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s